RSS

Give Thanks

11 Mar

You turned my wailing into dancing;                                                         You removed my sacklothh and clothed me with Joy                                    that my heart may sing to you and not be silent                                         O Lord my God,  I will give you thanks forever                                                                 (Psalm 30:11-12 NIV)

Bayangkan, pada suatu hari, seorang yang kita sayang datang dan mengatakan ingin meminjam uang untuk suatu keperluan, maka kita dengan mudah akan memberikan uang yang dia butuhkan karena kita mencintai dia.

Jika orang yang kita sayang itu tiap hari datang pada kita untuk meminjam uang, meminta makanan. meminjam baju, meminjam kendaraan dan mungkin meminta ijin untuk menginap di rumah kita, lama-lama kita akan merasa terganggu walaupun kita amat mencintai dia.

kita akan mulai merasa  ada yang tidak benar, bukan masalah permintaannya, tapi sikap dia yang amat memudahkan untuk meminta pertolongan kita. Mungkin kita akan mulai berfikir dan merasa apakah orang itu  memanfaatkan kebaikan dan cinta kita,  dan hal ini  lama kelamaan akan mengganggu relasi yang selama ini terjalin dengan baik.

Sekarang kembali pada diri kita sendiri, seberapa sering kita berdoa pada Tuhan untuk meminta ini  itu, dengan mengatakan …” Tuhan tolonglah saya agar …. atau ” Tuhan saya menginginkan…. ”

Pernah saya bertanya pada sahabat saya, “Dari segala hal yang sudah engkau terima dan alami, kira-kira apa yang masih ingin engkau inginkan dalam hidup ini?” Sahabat saya dengan arif menjawab ” Semua yang saya terima sudah lebih daripada yang saya harapkan. Tuhan sudah menyediakan segala sesuatu untuk saya lebih daripada yang saya bayangkan, saya hidup dalam kelimpahan kasih Tuhan, dan saya amat bersyukur untuk kemewahan hidup yang saya alami. “, ” I’ve received more than enough”

Jawaban yang amat luar biasa, padahal saya tahu bagaimana sederhana nya sahabat saya itu hidup. Dia tidak akan membeli sepatu baru jika sepatu yang lama belum rusak.

Di hari ulang tahun ke 19, saya bertanya pada anak saya, “Mike, apa yang kamu minta dari Tuhan sebagai hadiah ulang tahunmu?” dengan bijaksana dia menjawab, “Mom, Tuhan sudah memberikan pada saya lebih dari apa yang saya perlu, dan banyak sekali rahmat dan anugerah yang belum saya nikmati. Ini adalah hari yang tepat untuk bersyukur untuk semua hal yang terjadi dalam hidup saya”.

Suatu pelajaran yang amat berharga dari seorang remaja. Sikap bersyukur yang amat luar biasa.lebih dewasa dibandingkan dengan usianya.

Pelajaran yang saya terima dari seorang pandhita Budha di Cirebon adalah,  pada tingkat spiritualitas tertentu, jika kita berdoa, kita tidak meminta atau memohon sesuatu dari Tuhan, tetapi bersyukur atas segala rahmat yang kita terima selama hidup ini.Hal ini sejalan dengan kutipan pada Mazmur 107:1,

“Bersyukurlah kepada Tuhan,sebab Ia baik!

Bahwasanya untuk selama-lamanya Kasih setia-Nya.”

Sejenak kita lihat kembali hubungan kita dengan Tuhan.

Betapa baiknya Dia pada kita, Dia sudah menyediakan banyak sekali untuk kita, bahkan hal-hal yang tidak kita bayangkan. Sinar matahari yang hangat, udara yang bersih, kesehatan, bunga bunga yang indah,  dan sahabat-sahabat di sekitar kita.

Mari kita  merenungkan, Siapakah Dia yang kita sembah tiap hari? Bagaimana hubungan kita dengan Tuhan? Apa saja yang kita ucapkan dalam doa kita tiap hari? Permohonan atau Syukur?  Ketika kita dapat menjawab itu semua, kita bisa memperbaiki sikap dan cara kita berdoa pada Tuhan…  Kita datang dengan hati yang penuh Syukur untuk semua rahmat dan kelimpahan yang kita terima.

Seperti kata Pemazmur,  ;”O Lord my God,  I will give you thanks forever”.

God Bless You all…

 
Leave a comment

Posted by on March 11, 2011 in my spiritual

 

Tags:

Leave a Reply

 
