RSS

Chason at De’Ranch

28 Apr

“Photography makes you see the world, rather than just look at it”


Bermula dari melihat undangan workshop dari Sekolah Foto Tjap Budhi Ipoeng  (SFTBI) melalui Facebook, saya mengikuti workshop yang diadakan oleh pak Budhi Ipoeng, dengan motivasi sederhana saja, menambah jam terbang dalam hal memotret model, dan menimba ilmu dari pakar dalam hal fotografi.

Ternyata workshop ini diadakan oleh sejumlah mahasiswa Universitas Pajajaran, dengan maksud mengumpulkan dana untuk membantu 2 orang anak yang putus sekolah. Dengan kurang lebih 100 orang peserta,  acara pemotretan di De Ranch di kawasan Maribaya, Lembang.

Ada 8 orang model dengan lokasi yang berbeda-beda untuk di foto, hal ini menjadikan peserta tidak terkonsentrasi pada satu tempat.

Saya dan Sharen memilih model yang kami anggap cantik dan enak di foto, karena ada juga  model dengan kawat gigi yang berwarna hijau… kalau tersenyum jadi agak aneh, maka model tersebut tidak kami foto

Waktu pemotretan session pertama diberikan waktu 90 menit, dan kemudian peserta diminta mengumpulkan 2 foto unggulan untuk dilombakan, Saya melihat foto-foto di kamera dan memilih foto untuk di ikutkan lomba, karena tidak ada ruginya kalau tidak dapat nomor sekalipun. saya memilih foto model Chason dan Nike. Ternyata yang memilih untuk mengumpulkan foto  Chason banyak, karena lokasi di istal kuda itu efek cahayanya paling enak, tidak terlalu terik. Sharen tidak mau mengumpulkan fotonya, karena merasa tidak terlalu baik hasilnya. mungkin dia belum terlalu percaya diri.

Setelah diisi dengan beberapa acara termasuk workshop foto model dari pak Budhi Ipoeng, diadakan lagi pemotretan session kedua, hanya sayang keburu turun hujan, sehingga kami tidak dapat memotret dengan leluasa, maka saya dan Sharen membuat foto sebisanya saja.

Kemudian saat pengumuman pemenang, saya juga tidak terlalu berharap, jadi saya melihat lihat hasil foto orang lain, karena dipilih 8 pemenang favourite dengan model yang berbeda-beda. Ketika tiba pengumuman pemenang 3 besar, Sharen berbisik “Sepertinya itu foto mummy deh”, saya sendiri tidak terlalu yakin karena ketika foto bersama akan banyak foto yang kurang lebih sama, maka saya menjawab BBM seorang teman yang menanyakan jadwal misa Minggu Palma, Ketika diumumkan bahwa saya pemenangnya, saya terkejut dan berkata “Sye… mummy menang” dengan pekik yang tertahan, Sharen dengan kesal berkata “Kan dari tadi juga saya udah bilang, mummy aja yang bbm-an terus.” Hahaha… “Sorry ya Sye…”  amat menyenangkan di saat penuh kejutan, ada Sharen yang menemani saya untuk berbagi kebahagiaan, dan celetukannya lucu-lucu. Saya bersyukur sudah ditemani sahabat saya yang amat baik.

Benar-benar amat mengejutkan dan amat menyenangkan, terlebih-lebih karena disitu juga banyak photographer senior yang juga siswa SFTBI. saya mendapat hadiah Tripod dan kursus gratis dari SFTBI. Tidak ada ambisi untuk menang, hanya keinginan untuk menghasilkan foto yang baik untuk melengkapi Portfolio saya.

Ketika saya tidak berharap banyak, maka sesuatu yang didapat akan menjadi mengejutkan dan saya akan dipenuhi rasa amat bersyukur, kritik pertama dari pak Budhi Ipoeng sebagai juri adalah : telinga kuda tidak ke atas, dan beberapa orang berkomentar, “Ya gimana mau ngatur kuda” tapi bagi saya kritik itu berbunyi, cari momen yang pas, dengan lebih jeli melihat, atau lebih sabar menunggu.

Seperti quote yang saya dapat dari Michael , dengan photography, kita akan melihat dunia dengan lebih jelas, daripada sekedar melihat sekilas, lebih fokus pada apa yang ada kelihatan,  segala suatu tampak lebih detail.

Banyak kritik tentang foto ini, komen Michael adalah “kok fotonya kepotong” beberapa kritik lain, atau Back Groundnya kurang rapih, angle kurang pas, mestinya agak geser ke kiri,  saya terima sebagai ungkapan kasih sayang dan perhatian terhadap perkembangan ketrampilan saya dalam hal photography ini.

Semoga semua hal  ini menjadi pemacu semangat saya untuk berkarya dan melihat  keindahan dunia dan melihat kejadian dengan fokus yang lebih tepat, agar menjadikan saya lebih bersyukur untuk segala hal yang terjadi dan saya alami,  bersyukur atas segala ciptaan Tuhan yang maha sempurna.  Melihat bahwa yang tampaknya sederhana akan lebih indah jika saya melihat lebih fokus, lebih dekat.

Motto saya tetap  ” always do my best”.

Hal terindah adalah ketika saya mengabari teman-teman saya di komunitas ibu-ibu arisan bahwa saya mendapat penghargaan pertama dalam lomba foto ini, teman-teman mengucapkan selamat dan turut berbahagia, indahnya saat berbagi kebahagiaan. Terimakasih Tuhan, terimakasih Sharen, dan terima kasih untuk  para sahabat. Kalian semua adalah hadiah terindah dalam hidup saya. Semoga Tuhan membalas kalian semua dengan berkat yang berlimpah.

 
Leave a comment

Posted by on April 28, 2011 in model, photo, photography

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

 
