RSS

Sempurna

18 May

ottawaSempurna adalah terjadinya sesuatu dalam keadaan seimbang yang terjadi,ada yang keras dan lembut, gelap dan terang. Hidup itu sempurna, jika ada tawa dan tangis, ada cinta dan benci, ada duka dan tawa; Aku merasa sempurna ketika aku bisa bersyukur dalam keadaan yang tidak aku harapkan. Aku merasa hidupku sempurna ketika masih berani  bermimpi, ketika aku belajar sesuatu yang baru, mengalami kekecewaan, semua itu sempurna adanya.

Pada saat ini aku merasa hidupku sempurna karena Tuhan mengijinkan aku mengalami kesepian ketika berulang tahun berada di negara dengan bahasa yang asing dan perbedaan waktu 11 jam dengan Indonesia, tempat dengan suhunya di bawah 10 derajat dengan tiupan angin yang kencang dan aku bisa merasakan arti kata “dingin”.

Ketika aku memutuskan untuk berangkat menjelang ulang tahun, aku tidak berpikir tentang rasa kesepian ini, tetapi makin dekat tanggal keberangkatan, aku mulai bimbang karena ternyata tidak bisa memakai nomor handphone yang biasa.

Aku biasa dimanjakan dengan banyak ucapan selamat ulang tahun dari teman- temanku, merayakan dengan makan bersama, mendapat mawar kuning, atau kado,  bagiku itu adalah suatu bentuk perhatian dan tanda cinta disertai doa yang tulus untuk kehadiranku di dunia ini, sekarang aku tidak mendapatkan itu semua,dan rasanya sulit untuk dihadapi,  tetapi ini saatnya untuk bertindak dewasa, lepas dari kemelekatan dan pemuasan diri, saatnya untuk berani menghadapi kenyataan bahwa cinta tidak selalu harus ditunjukan lewat sms, bbm atau telpon, ketika aku tidak mendapatkan semua bentuk perhatian yang biasa aku nikmati, aku percaya teman-temanku tetap mencintai dan berdoa untuk kebahagiaanku.

Belajar untuk lebih dewasa, tanpa harus menuntut banyak perhatian, belajar untuk merasakan cinta dalam keheningan, dan belajar untuk bersyukur atas segala keadaan adalah hal yang lebih penting. Pada hari ulang tahun ini, adalah saat yang tepat bagiku untuk menjadi lebih bijaksana dan makin sempurna dengan semua keterbatasanku. Sempurna adalah menjadi lebih manusiawi, ada kemeriahan ada kesepian, hidup ini tidak sempurna ketika aku selau tertawa, aku tidak akan pernah tahu apa artinya bersedih. Hidup ini sempurna ketika ada sinar matahari, dan ada cahaya bulan, dan hidup itu sempurna ketika sesuatu terjadi tidak sesuai dengan harapanku, tidak berjalan seperti biasanya , itu adalah bagian dari kesempurnaan.

Graduation day

Menghadiri wisuda Michael sebagai lulusan Ontario adalah pengalaman yang membanggakan  mengantar ke tahap yang lebih tinggi dalam pendidikan anak-anak adalah impianku, menemani mereka mengejar mimpi dan harapan untuk masa depan yang lebih cerah,  dan aku mensyukuri sebagai buah dari panggilanku sebagai mama.  aku boleh turut berbangga dengan keberhasilan anakku, melangkah menuju kedewasaan dan kematangan pribadi.

Waktu berangkat aku berharap mendapat cuaca yang bersahabat dengan warna langit yang biru, karena ini adalah musim semi. tetapi ternyata sepanjang minggu ini ada hujan, banyak awan  dan angin  bertiup kencang, langit yang mendung, udara yang berkabut, dan amat dingin, tidak sesuai dengan harapanku.

Toronto

Menikmati petualangan menjelajah negara yang asing berdua dengan Michael adalah hal luar biasa, yang bisa dilakukan oleh mummy and son. Menjelajahi kota cantik dan klasik, Toronto, dengan Mike sebagai guide yang hebat, dan tutor yang asik untuk fotografi. Rasanya belum lama aku membimbing tangannya yang kecil masuk ke MRT di Singapura, sekarang giliran dia yang membimbing aku.

Casa Loma

Orang-orang yang ramah, peninggalan sejarah yang cantik, bunga tulip beraneka warna di sepanjang jalan, taman serta pemandangan yang indah yang bisa ditangkap melalui lensa kamera kami, menjadikan trip ini sebagai petualangan yang amat mengasyikan.

High Park

Menikmati High Park dengan bunga sakura yang cantik dan banyak orang tua yang berjalan-jalan bersama teman atau cucunya, dan Mike sampai saat ini masih bersikeras bahwa itu cherry blossom, aku hanya tersenyum, apapun namanya bunga itu, bagiku amat cantik. Melihat ibu-ibu muda berlari turun naik tanjakan sambil mendorong kereta bayi,  atau anak anak yang bermain dengan helai kelopak bunga, oma dan opa saling bercengkrama, di dekat danau dengan bebek berenang, bagiku seperti berada di atmosfir yang lain.

High Park

Perjalanan menuju La basilique Notre Dame de Montreal untuk menghadiri misa hari minggu ditempuh dalam hujan dan angin dengan udara 8 derajat, dan kami hanya bisa tertawa terpingkal ketika payung yang aku gunakan tak kuat menahan angin, Mike bilang “kenapa pakai buatan cina?” akhirnya kami membeli payung di toko souvenir lebih kokoh dan bagus.

Notre dame basilica montreal

Notre dame basilica - sumber : post card

Misa bahasa perancis di gereja megah yang dibangun tahun 1829 menjadi menarik ketika aku hanya bisa menangkap kata amin dan alleluya, membuat aku berpikir, Gereja Katolik ini amat luar biasa, dengan berbagai macam bahasa dan bangsa, pada saat yang sama hampir setiap saat selalu ada perayaan Ekaristi dengan berbagai bahasa, bagaimana ketika kita di surga nanti? Secara verbal pasti tidak akan mengerti, tapi tujuan nya sama yaitu memuji Allah dan mewartakan kasih Tuhan.

Masih banyak tempat yang akan kami jelajahi sebelum kembali ke Indonesia, dalam permenungan ini aku merasa, tidak ada sesuatu apapun dalam hidup aku yang lepas dari lindungan Tuhan, aku merasa Tuhan amat mencintai aku, memberi banyak malaikat di manapun aku berada, memberi banyak kemudahan di setiap kesulitan hidup, di dalam kekecewaanku, dan bagiku anugerah Tuhan seperti sungai yang terus mengalir dalam kehidupanku, melalui sahabat, anak-anak, teman dan bahkan orang-orang yang tidak ku kenal.

Filipi 4: 4-5 masih menjadi bahan refleksiku untuk sepanjang tahun ini,
” Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus”

Setiap kekuatiran itu muncul, sebetulnya itu sudah menguras energiku untuk berbuat yang terbaik. Satu hal yang  aku tanamkan dalam hatiku pada hari istimewa ini adalah berhenti kuatir dan selalu bersyukur, maka semua akan menjadi amat luar biasa.

Berjalan menuju kesempurnaan dan kedewasaan diri adalah hal yang masih harus digumuli dalam hidupku, belajar memeluk penderitaan, berhenti menolak segala sesuatu yang terjadi di luar kehendakku, sepertinya masih merupakan perjuangan dan perjalanan yang panjang. Belajar untuk tegar melangkah dan menghayati panggilanku baik, menjadi sahabat yang baik bagi orang orang yang mengenal dan menyayangi aku dan menjadi saksi kehadiran Tuhan di dunia ini,bukan hal yang mudah. semua perlu perjuangan dan usaha.

Inilah indahnya hari ulang tahun, yaitu saat di mana bisa menjadi titik balik dan awal bagiku untuk memperbaharui niat baik, hari penuh ucapan syukur dan doa, penuh harapan indah dan saat yang baik untuk berbagi berkat, berbagi sukacita dan kebahagiaan bahwa kehadiranku masih berarti bagi banyak orang.

Terimakasih untuk semua orang yang telah hadir dalam hidupku, yang mau menerima aku apa adanya dan masih mau berdoa untuk kebahagiaan dan kesehatanku, kehadiran anda semua membuat hidupku makin sempurna, semoga dengan persahabatan kita, kita akan makin dikuatkan dan makin sempurna menjadi manusia yang seutuhnya. God bless you all….

 
5 Comments

Posted by on May 18, 2011 in Canada, my spiritual, photography, travel

 

Tags: , ,

5 responses to “Sempurna

  1. Parmadi Budiprasetyo

    July 13, 2011 at 4:50 AM

    Bagus sekali bu blogsitenya, content yang sangat bermakna dihiasi oleh foto2 yang sangat indah🙂

     
    • ifang

      July 13, 2011 at 8:48 PM

      Terimakasih Mas Parmadi…, terimakasih sudah mampir …

       
    • ifang

      March 2, 2012 at 2:50 PM

      Terimakasih Mas Parmadi..

       
  2. Anthony Dio Martin

    March 2, 2012 at 2:12 PM

    Bu Flora, tulisan blog dengan gambar yang sangat indah. I like it! Great blog and great person I know. Semoga berkat Tuhan melimpah dalam kehidupan Bu Flora!

     
  3. ifang

    March 2, 2012 at 2:51 PM

    Thanks pak Martin.. God Bless You too, saya bahagia bisa mengasah kecerdasan emosional di bawah bimbingan pak Martin, saya percaya, bahwa Bapak adalah salah satu malaikat yang dikirim Tuhan dalam usaha saya menuju ke kesempurnaan..

     

Leave a Reply

 
